Kebakaran Besar di Kapuk Muara, Ratusan Rumah Habis Dilalap Api

Kebakaran permukiman di Kapuk Muara
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Kebakaran besar melanda permukiman di Jalan Kapuk Muara Raya Gg Rawa Elok RT 011, 012 RW 04, Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu malam 8 Mei 2021.

Kebakaran tersebut mengakibatkan ratusan rumah terbakar yang diperkirakan kerugian mencapai Rp6 miliar.

Kasie Ops Damkar Jakarta Utara Rahmat Kristantio mengatakan kejadian tersebut dilaporkan ke pihaknya pada pukul 23.31 WIB. Selanjutnya 18 Unit mobil Damkar dikerahkan ke lokasi guna menanggulangi bencana secara cepat.

“Ada 18 unit yang dikerahkan ke lokasi di mana dua di antaranya dari Jakarta Barat. Jumlah personel ada 85 personel,” ujar Rahmat dikonfirmasi, Minggu 9 Mei 2021.

Rahmat menjelaskan upaya pemadaman terhadao titik lokasi kebakaran dilakukan oleh pihaknya sekira pukul 23.41 WIB baru selesai pada dini hari sekira pukul 01.09 WIB, Minggu 9 Mei 2021.

Berdasarkan data yang didapatkan oleh pihak Damkar Jakarta Utara terdapat 400 rumah panggung berbahan kayu hangus dilalap api.

“Kebakaran mengakibatkan ada 400 rumah panggung terdampak rinciannya RT 11 ada 200 rumah dan RT 12 juga 200 rumah,” ujarnya.

Rahmat menjelaskan bahwa akibat kebakaran, ada 400 KK yang terdiri dari 2.500 orang terpaksa kehilangan tempat tinggal.

Pemeriksan petugas Damkar dan pihak Kepolisian di lokasi diduga kebakaran tersebut terpicu korsleting arus listrik di salah satu rumah berbahan kayu yang mudah terbakar.

Dikatakan Rahmat, para korban kebakaran yang terpaksa kehilangan rumah untuk sementara mengungsi di lapangan bola RW 04 Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara.