Pengakuan Pengemudi Fortuner Nekat Pakai Pelat Nomor Polri

Ilustrasi Lalu Lintas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rifki N

VIVA – Pengemudi mobil Toyota Fortuner yang disetop di Jatinegara, Jakarta Timur mengaku, nekat mengambil pelat nomor Polri milik perwira polisi guna mendapatkan kemudahan selama di jalan. 

Pria berinisial S itu mengaku tidak mau macet-macetan terus di jalan raya. "Biar kalau ada urusan bisa cepat. Biar gak macet-macetan," kata S di Markas Polres Metro Jakarta Timur, Jumat, 21 Mei 2021.

S mengaku, setahun sebelumnya pernah memakai pelat nomor milik TNI. Tapi, dia memakai pelat nomor itu hanya saat mengemudikan kendaraan untuk kepentingan anggota TNI tersebut.

Kepada polisi S mengaku baru kali ini menggunakan pelat nomor Polri. Belum lama memakainya, dia langsung diamankan polisi. "Saya pakai platnya diam-diam, gak bilang ke pemiliknya," kata S.

Sebelumnya diberitakan, satu unit mobil Fortuner berkelir hitam dengan nomor polisi 351-00 disertai lambang Polri diberhentikan polisi lalu lintas. 

Dalam rekaman video akun Twitter resmi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro, tampak petugas meminta pengendara mobil keluar dari mobilnya.

Si pengendara kemudian meminta izin menelepon seseorang. Petugas mengizinkannya tapi tetap diminta keluar dari mobil. Akibat peristiwa ini, terjadi antrean kendaraan di belakang mobil tersebut.

"13.32 Polri mengamankan seorang pengendara mobil yang menggunakan plat dinas Polri di Jl. Jatinegara Barat arah Matraman untuk selanjutnya dibawa ke Mapolres Jakarta Timur untuk dimintai keterangan," demikian tertulis di akun TMCPoldaMetro, Kamis, 20 Mei 2021.