Viral Bus TransJakarta Berhenti di Rel Kereta, Penumpang Berhamburan

Ilustrasi penumpang Bus TransJakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Risky Andrianto

VIVA – Viral di media sosial video menunjukkan satu unit bus TransJakarta terhenti di tengah perlintasan kereta api di kawasan Halimun, Jakarta Pusat. Akibatnya, penumpang panik keluar bus lantaran sirine yang menandakan Kereta Rel Listrik (KRL) akan melintas berbunyi dan pintu perlintasan pun sudah tertutup.

PT TransJakarta angkat bicara terkait hal ini. Kejadian ini terjadi Senin, 31 Mei 2021. Saat itu, bus milik operator Mayasari Bakti dengan nomor body MYS 18194 rute Manggarai-Blok M itu mengalami gangguan. 

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyebutkan, setelah semua penumpang turun, petugas yang berada di lokasi kejadian dengan dibantu warga mendorong bus agar bisa melintasi rel.

"Insiden ini dipastikan bukan karena adanya kerusakan pada bus," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 1 Juni 2021.

Usai bus berhasil keluar dari rel, penumpang pun kembali naik ke dalam bus dan melanjutkan perjalanan. Saat itu, bus melintas dari arah Tosari dengan kondisi lampu perlintasan kereta sudah berwarna hijau. Tapi, saat melintas d iatas rel kereta api Halimun, Jakarta Pusat, roda bus tiba-tiba terhenti. 

Lantas, terdengar bunyi sirine kereta api yang membuat penumpang kalang kabut, hingga berhamburan turun menyelamatkan diri dari dalam bus menggunakan pintu depan dan tengah.

Lebih lanjut, dia mengatakan, TransJakarta lewat tim operasional dan tim teknik akan melakukan investigasi lebih lanjut terkait hal ini. 

Untuk itu, dia minta bersabar dan diberi waktu melakukan pemeriksaan. "Pramudi yang bertugas saat itu juga turut diberikan sanksi," katanya.