Cerita Pengemudi Ojol Berjam-jam Antre BTS Meal McDonal's

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Cerita dari para pengemudi ojek online mengalir setelah restoran cepat saji McDonald`s merilis BTS Meal, pada Rabu (09/06). Mereka mengaku harus antre berjam-jam demi memperoleh menu yang dipesan oleh pelanggan.

Bahkan, ada pula yang berbalik dengan tangan hampa lantaran belasan gerai McDonald`s di sejumlah kota di Indonesia ditutup setelah membludaknya pemesanan menu kolaborasi antara restoran tersebut dengan grup idola asal Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS.

Abu Rafif, seorang pengemudi ojek online di Jakarta, mengatakan dirinya harus menunggu antrean sampai lebih dari dua jam untuk mengambil pesanan penggemar BTS di McDonalds Artha Gading, Jakarta Utara, Rabu (09/06).

"Mengantre dari jam 11.00 baru sekarang (13.13 WIB) dapatnya, rugi waktu dua jam soalnya," kata Abu saat ditemui wartawan Tempo.

Baca juga:

Di Jakarta Pusat, seorang pengemudi ojek online bernama Andri (30) sempat mengantre di outlet McDonald`s hingga 2,5 jam.

"Tadi di Rawamangun sampai 2,5 jam, sampai Satpol PP ada. Karena kerumunan gini, kan," ujar Andri, kepada Detik.com.

Cerita Bagyo lain lagi. Pengemudi ojek online di Kota Solo, Jawa Tengah, ini sudah satu jam menunggu menu BTS Meals. Tiba-tiba anggota TNI-Polri dan Satpol PP datang membubarkan antrean.

"Saya menunggu pesanan sudah satu jam lebih dan tidak kunjung dibuatkan. Tiba-tiba disuruh bubar polisi akibat banyak pembeli berkerumun," kata Bagyo kepada Suara.com.

Gerai-gerai ditutup

Pembubaran antrean dan penutupan restoran McD bukan terjadi di Kota Solo saja.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengaku bahwa pihaknya sudah menyegel lima restoran McDonald`s yang ada di Jakarta Pusat karena timbulnya kerumunan.

"Sudah ada beberapa tempat yang ditindak, di Jakarta Pusat ada lima lokasi. Itu ditindak ditutup 1 kali 24 jam sesuai ketentuan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta, Arifin, kepada sejumlah wartawan.

Satpol PP Kota Depok juga menutup dan menyegel restoran McDonald`s di City Plaza yang berada di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (09/06).

Aparat Kota Semarang, Jawa Tengah, juga menempuh langkah serupa.

"Kami menutup untuk sementara empat dari enam gerai McDonald`s di Semarang selama beberapa hari," kata Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, kepada kantor berita AFP.

Secara keseluruhan, terdapat sedikitnya 13 gerai McD yang ditutup, sebagaimana dilaporkan kantor berita AFP.

Bagaimana respons McDonald`s?

Untuk mengantisipasi antrean drive thru dan pembelian delivery saat ini, McDonald`s Indonesia memberlakukan buka-tutup order pada platform pemesanan online.

"Penutupan dilakukan untuk sementara waktu, demi menghindari kerumunan antrian drive thru dan pembelian delivery. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Associate Director McDonald`s Indonesia, Sutji Lantika.

Sutji menghimbau seluruh pihak untuk menjaga dan menaati protokol kesehatan sesuai aturan.

"Keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan adalah prioritas McDonald`s Indonesia," lanjutnya.

Ditambahkannya, BTS Meal tidak hanya tersedia pada Rabu (09/06), "melainkan selama sebulan ke depan".

"…sehingga kepada seluruh pelanggan tidak perlu tergesa dan khawatir akan kehabisan produk ini," kata Sutji melalui keterangan tertulis.

Menu BTS Meals terdiri dari sembilan potong nugget, satu gelas minuman ukuran medium, kentang goreng medium, dan dua saus spesial yaitu Chili Sweet Sauce dan Cajun Sauce. Menu ini dibanderol dengan harga Rp 50.000.

Selain saus spesial yang baru muncul di Indonesia, pembeli BTS Meal berhak mendapatkan kantong kertas dengan logo McD dan BTS, tempat minum, dan McNugget berlambang BTS. Menu ini tersedia di 50 negara termasuk Amerika Serikat dan Korea Selatan

Oleh sejumlah pihak, kantong kertas berlogo BTS ini dijual secara online dengan harga hingga ratusan ribu rupiah.