COVID di Jakarta Tinggi, Letjen Ganip Temui Anies Baswedan

Kasatgas COVID-19 bertemu Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA / Syaefullah

VIVA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang juga Kasatgas COVID-19 Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito mememui Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 14 Juni 2021. 

Ganip menjelaskan, bahwa pertemuan dengan Kepala Daerah Anies guna membicarakan masalah kasus COVID-19 di Ibu Kota. Sejauh ini, kasus corona di Jakarta mengalami lonjakan yang cukup signifikan. 

"Kita memandang Jakarta ini sangat strategis kita semua tahu Ibu Kota negara. Tentunya yang terkait dengan tugas-tugas  BNPB dalam hal kebencanaan apalagi terkait dengan masalah COVID-19 ini. Ini barometernya di Jakarta," kata Ganip di lokasi. 

Sehingga, antara Ketua Satgas Penanganan Nasional COVID-19 bersama dengan gubernur DKI harus bersinergi harus saling mendukung dan saling bekerja sama seperti konsep yang telah dibuatnya. 

"Kita harus memainkan 3K, yaitu komunikasi, koordinasi, kolaborasi. Ini salah satu implementasinya," ujarnya.

Dibahas juga soal tempat tidur untuk isolasi bagi pasien yang terkena COVID-19 dan diminta menekankan protokol kesehatan di wilayah Provinsi DKI Jakarta. 

"Yang terpenting adalah bagaimana kita menegakkan protokol kesehatan, terutama dalam konteks penggunaan masker ini. Tadi saya menjelaskan dengan Pak Gubernur mulai besok akan kita masifkan, mengingatkan kepada masyarakat untuk kembali disiplin menggunakan masker ya," ujarnya. 

Gubernur DKI Anies pun mengucapkan selamat kepada Letjen Ganip Warsito yang telah mendapat amanah baru sebagai Kepala BNPB. 

"Kami sangat bersyukur pertemuan tadi sangat produktif, kita membahas tentang rencana-rencana aksi yang akan kita bisa lakukan di Jakarta dan komunikasi ini sudah terjalin juga sebelum pertemuan," ujarnya. 

Dalam pertemuan itu, kata Anies, dibahas soal langkah-langkah kedepan dalam menghadapi lonjakan kasus corona di Jakarta. "Karena kita menyadari bahwa ada kebutuhan untuk antisipasi atas lonjakan yang sekarang ada," katanya. 

Tentunya, koordinasi antara BNPB dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan saling menopang dalam menyelesaikan kasus corona ini. Maka, dukungan dari lembaga BNPB ini dapat mencangkup secara keseluruhan. 

"Tidak mungkin kami bisa melindungi semua warga yang di Jakarta tanpa ada kerjasama dan support dari BNPB. Jadi pertemuan hari ini menegaskan kolaborasi itu dan kita akan terus bekerja bersama demi melindungi masyarakat di Ibu Kota," tambahnya.

Dengan demikian, Anies menekan dalam menyelesaikan persoalan ini tentunya harus dari semua pihak dan kesadaran masyarakat juga. 

"Jadi sekarang yang penting kita jaga kedisiplinan karena tidak mungkin kita bisa melakukan pencegahan apabila hanya dari unsur pemerintah dan penegak hukum saja. Tapi harus kita semua, jadi taati protokol kesehatan terutama pakai masker, kendalikan jumlah orang dan juga jam operasi. Itu aja," katanya.