Anies: Jakarta Dipenuhi Pribadi Tangguh, Sanggup Hadapi Tantangan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-494 Kota Jakarta secara online di Halaman Pendopo Balai Kota, pada Selasa, 22 Juni 2021.

Dalam sambutannya, Anies memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Jakarta dan pihak-pihak yang telah berjuang bersama dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang masih melanda Jakarta.

Baik masyarakat Jakarta, segenap pimpinan anggota DPRD, Forkopimda, alim ulama, berbagai organisasi, baik sosial profesi maupun kepemudaan, aparat keamanan TNI/Polri, dan seluruh jajaran di tingkat paling kecil, dan pengurus RT/RW.

"Yang terus bahu-membahu mewujudkan situasi Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang kondusif di tengah masa pandemi COVID-19,” kata Anies.

Baca juga: Anies Pimpin HUT DKI ke-494, Serukan Jakarta Bangkit

Pada ulang tahun yang ke-494 ini, tema yang diusung adalah Jakarta Bangkit setelah tahun lalu mengusung tema Jakarta Tangguh. Tema Jakarta Bangkit ini mengandung optimisme untuk pemulihan dalam berbagai aspek, baik kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, dan keagamaan.

Ia menjelaskan bahwa proses untuk bangkit dan pulih juga tak dapat dilepaskan dari kolaborasi yang terbangun dengan baik.

“Sejak masa pandemi tahun lalu, kota ini terus beradaptasi, berjuang dan bertahan agak keluar dari pandemic. Dan pada tahun ini, kita mengusung tema Jakarta Bangkit yang mengandung makna sebagai upaya pemulihan dalam aspek ekonomi, aspek kesehatan menuju kota berketahanan dan berkelanjutan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, ada elemen plus Jakarta yang menjadikan Jakarta sebagai kota kolaborasi. Di kota ini juga banyak berkumpul begitu banyak lembaga, think tank, perusahaan yang luar biasa jumlahnya.

"Karena itulah, Pemprov DKI Jakarta mengedepankan kolaborasi, mengajak seluruh komponen bekerja bersama memajukan Kota Jakarta sebagai ikhtiar kolektif,” lanjutnya.

Anies pun optimisme untuk bangkit ini diperkuat dengan sifat masyarakat Jakarta yang terdiri dari para pribadi tangguh dan siap menghadapi tantangan yang ada, termasuk juga kondisi pandemi yang melanda.

“Kota Jakarta adalah kota yang dipenuhi pribadi-pribadi tangguh, pribadi yang sanggup menghadapi tantangan dan tak mudah menyerah siap bekerja keras dan tuntas. Karena itu, ini menjadi pengingat kepada semua bahwa dasar pribadi di kota ini siap hadapi tantangan dan mampu bangkit,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga mengajak seluruh masyarakat Jakarta untuk ambil bagian dalam pemulihan kota, dengan melakukan hal sederhana seperti menaati protokol kesehatan. Dengan begitu, akan mempercepat kebangkitan Jakarta dari pandemi COVID-19.

“Ini adalah sebuah masa yang penuh tantangan, tetapi Insya Allah kita dapat menjalani dengan keikhlasan, keseriusan, dan komitmen untuk disiplin menjalankan tanggung jawab melindungi diri kita, keluarga, dengan mengikuti protokol kesehatan,” katanya.

Anies berharap semoga Kota Jakarta semakin maju, berkembang, menjadi kebanggaan bagi semuanya lapisan masyarakat.

"Insya Allah, warganya merasakan kebahagiaan, mensyukuri kemajuan, dan generasi yang akan datang akan menengok dan mensyukuri peran yang kita jalani hari ini,” katanya.