Kapolda Metro Uji Coba Vaksinasi Merdeka Tanpa Libatkan Dokter

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran menargetkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) RI 17 Agustus 2021 mendatang kekebalan komunitas atau herd immunity bisa terbentuk.

Untuk itu, pihaknya terus menggeber program vaksinasi nasional di wilayah DKI Jakarta. Guna mengejar target itu, pihaknya dengan Forkopimda DKI Jakarta membuat program Vaksinasi Merdeka. Program ini difokuskan menjaring sekitar 3 juta warga Ibu Kota yang belum dapat vaksin.

"Hari ini, saya jajaran Polda melakukan uji coba program Vaksinasi Merdeka dalam rangka menyambut HUT RI ke-76, kami mengusung program Vaksinasi Merdeka," ucapnya di SDN 01 Klender, Jakarta Timur, Rabu 28 Juli 2021.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini mengatakan, program Vaksinasi Merdeka tersebut menggandeng mahasiswa, tenaga kesehatan, organisasi masyarakat (ormas), dokter, juga perawat.

"Jadi kolaborasi, nanti dalam program ini tidak ada unsur struktural yang terlibat. Jadi Puskesmas kita tidak libatkan, Dokkes Polri tidak dilibatkan, semua dari masyarakat, kami ingin program ini datang dari masyarakat untuk masyarakat," kata dia.

Untuk itu, dengan program ini Fadil menaruh harapan pada tanggal 17 Agustus mendatang semua warga Jakarta sudah menerima vaksin. Ia mengajak warga yang anggotanya belum divaksin bisa segera melakukannya.

"Saya juga meminta bantuan warga yang rekan dan keluarganya belum divaksin untuk divaksin. Kita rayakan kemerdekaan dengan semuanya sudah divaksin," kata dia lagi.