Vaksinasi Pengemudi JakLingko, Ketua Golkar DKI: Tetap Disiplin Prokes

Ketua DPD Golkar DKI Ahmed Zaki Iskandar dan Wakil Ketua H Ramli Muhammad
Sumber :
  • DPD I Partai Golkar DKI

VIVA – Vaksinasi massal digelar DPD I Partai Golkar DKI Jakarta. Untuk mencapai herd immunity bagi masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini. Kali ini yang disasar adalah para pramudi atau sopir Koperasi Wahana Kalpika (KWK) di Jakarta Utara.

Ada 817 pengemudi JakLingko di KWK Jakarta Utara tersebut, yang menerima vaksinasi menggunakan AstraZeneca pada Selasa 14 September 2021. Pelaksanaannya bertempat di Saung H Ramli, Jalan Akses Marunda, RT 02/06 No. 35A, Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara. 

"Ini ikhtiar kita bersama untuk menanggulangi penularan COVID-19. Meski sudah divaksinasi tetapi kami ingatkan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujar Ketua DPD I Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar, saat meninjau vaksinasi.

Program ini adalah langkah Partai Golkar agar masyarakat mendapatkan akses akan vaksin. Agenda di Jakarta Utara, juga adalah rangkaian vaksinasi massal yanga digelar partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Kegiatan hari ini merupakan kelanjutan dari program vaksinasi pertama yang diadakan pada 9 Agustus 2021. Waktu  itu terdaftar 800 orang pramudi JakLingko. Setelah melalui pemeriksaan, hanya 562 yang lulus mendapatkan vaksin Sinovac,” ujar Ketua JakLingko KWK Jakarta Utara Ramli Muhammad. 

Pramudi JakLingko yang bernaung di KWK itu berasal dari 303 unit armada yang beroperasi di Jakarta Utara. Satu unit JakLingko KWK terdiri dari dua pramudi. Totalnya ada 606 orang, 194 orang lainnya merupakan pramudi cadangan. Sedangkan total armada yang berada dalam naungan KWK Jakarta Utara berjumlah 1.267 unit.

Wakil Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta Haji ini juga menegaskan, vaksinasi yang digelar ini juga adalah sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan transportasi massa. Sebab pengemudi bisa aman karena sudah divaksin. Tujuannya mencegah penyebaran COVID-19 baik pada pramudi maupun penumpang. 

“Kami juga menerapkan kebijakan pramudi harus memiliki sertifikat vaksinasi untuk menjalankan tugasnya agar tidak tertular dan menularkan virus Corona,” kata Haji Ramli.  

Ada 25 tenaga kesehatan yang membantu vaksinasi massal ini. Mereka dari Puskesmas Kecamatan Cilincing, dengan total vaksin sebanyak 900 dosis. Terkait kelanjutan kegiatan vaksinasi ini, Haji Ramli menjelaskan akan dilakukan di seluruh Posko KWK yang tersebar di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. 

“Target kami, seluruh pramudi JakLingko yang berjumlah ribuan ini bisa segera mendapat vaksin COVID-19. Setidaknya dalam waktu 6 bulan sejak digelar di KWK Jakarta Utara,” katanya.

Selain vaksinasi, juga digelar donor darah bagi masyarakat umum. Ada 131 orang yang telah menyumbangkan darahnya. Hadir juga organisasi kemasyarakatan Lions Club yang memberikan layanan pemeriksaan mata secara gratis. Bahkan membagikan 150 kacamata kepada masyarakat secara gratis.

Hadir dalam kegiatan ini selain Ketua DPD I Golkar DKI Ahmed Zaki Iskandar, juga hadir Ketua Pembina KWK yang juga Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta; Olsu Babay, Ketua DPD Partai Golkar Jakarta Utara, pengurus RW dan RT serta para tokoh masyarakat.