Besok, Semua Bioskop di Jakarta Dibuka Lagi

Ilustrasi menunggu menonton bioskop.
Sumber :
  • VIVA/Zahrotustianah

VIVA – Bioskop di Ibu Kota akan kembali dibuka pada Kamis, 16 September 2021. Hal tersebut ditegaskan Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin.

"Kamis kami buka semua bioskop di Jakarta," kata dia kepada wartawan, Rabu 15 September 2021.

Kata dia, rencana pembukaan bioskop di Jakarta sejatinya dilakukan pada 14 September. Tapi, hal itu ditunda selama dua hari lantaran, para pengelola bioskop harus melengkapi persyaratan uji coba pembukaan bioskop terlebih dulu. Hal itu sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 COVID-19.

Djonny menambahkan, saat buka bioskop mewajibkan pengunjung telah divaksin COVID-19. Akses masuknya memakai aplikasi PeduliLindungi. Protokol kesehatan COVID-19 juga harus berjalan. Seperti kapasitas penonton dibatasi 50 persen dalam satu ruangan, termasuk jaga jarak pada kursi antarpenonton.

"Sebenarnya sudah buka, tapi masih ada masalah yang harus diklarifikasi, pemahaman redaksional. Tadi, seharian orang-orang GPBSI sudah menyatukan pengertian dari pemahaman itu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah akan segera membuka bioskop pada pekan ini di daerah dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 dan 2. Namun setiap orang yang ingin menonton di bioskop harus divaksin yang dibuktikan dengan aplikasi Pedulilindungi.

"Dengan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi serta penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hanya yang kategori hijaulah yang dapat memasuki area bioskop," ujar Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan, Senin 13 September 2021.

Baca juga: Anies Pamer Iphone Retak saat Masuk Ancol