Geng Motor Hendak Tawuran Terciduk, Belasan Senjata Tajam Disita

Geng motor hendak tawuran diciduk polisi.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Unit Reskrim Polsek Kembangan Jakarta Barat, berhasil menangkap sekelompok pemuda anggota geng motor yang sedang berencana untuk tawuran di kawasan Kembangan Jakarta Barat, Sabtu dini hari 18 September 2021.

Para anggota geng motor berhasil diketahui oleh polisi yang sedang melakukan patroli penjagaan wilayah.

Kapolsek Kembangan Kompol H. Khoiri mengatakan, barang bukti puluhan senjata tajam jenis celurit dan parang berhasil diamankan polisi dari tangan para anggota geng motor tersebut.

“Senjata tajam jenis celurit 11 buah, mandau 1 buah, tongkat baseball 1 buah, stik golf 2 buah dan 14 benda tumpul” ujar Khoiri dikonfirmasi, Sabtu 18 September 2021.

Ilustrasi Senjata tajam milik geng yang motor disita polisi.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Khoiri menjelaskan, turut diamankan juga sebanyak 41 unit sepeda motor yang digunakan puluhan pemuda tersebut.

"Kegiatan operasi cipta kondisi ini dilakukan untuk meminimalisir adanya tindak kejahatan, dan sebagai bentuk pelayanan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Kembangan AKP Ferdo Elfianto mengatakan, puluhan pemuda anggota geng motor itu diamankan sekira pukul 02.00 Sabtu dini hari.

Ferdo mengatakan, saat melaksanakan kegiatan patroli operasi cipta kondisi, pihaknya melihat ada sekelompok anak muda berjumlah puluhan yang sedang konvoi menggunakan sepeda motor.

Para pelaku juga terlihat menenteng sejumlah senjata tajam dan tumpul hingga membuat takut masyarakat yang melihatnya berada di Jalan Raya Joglo, Kembangan, Jakarta Barat.

Diketahui kelompok geng motor tersebut sedang menunggu kelompok lawannya untuk janjian tawuran di lokasi. Polisi yang mendapati laporan masyarakat langsung mendatangi lokasi dan didapati sekelompok pemuda berkumpul. Mereka diduga kuat akan melakukan tawuran yang sudah direncanakan.

"Setibanya di lokasi, benar saja mereka para pemuda tersebut kaget, lalu berusaha melarikan diri. Namun tim berhasil mengamankan belasan orang pemuda di sana," ujar Ferdo.

Selanjutnya puluhan pemuda, sepeda motor dan barang bukti senjata tajam di bawa ke Mapolsek Kembangan Jakarta Barat guna di lakukan pendataan dan pemeriksaan.

"Kami amankan dan akan kami mintai keterangan untuk proses penyelidikan lebih lanjut," ujarnya.

Ferdo juga berpesan kepada masyarakat untuk lebih peka terhadap kondisi lingkungan masing-masing guna mengantisipasi hal hal tindak kriminal yang berbahaya dan meresahkan demi keamanan masyarakat.

"Jika ada kegiatan diduga akan, masyarakat bisa langsung melaporkan ke pihak yang berwajib, baik lewat telepon atau datang langsung," ujarnya.