COVID-19 Melandai, Mal Jadi Sasaran Warga Ibu Kota saat Akhir Pekan

Mal CBD Ciledug
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Peningkatan sebesar 35 sampai 40 persen volume kendaraan tercatat menuju ke arah pusat perbelanjaan di Ibu Kota, Sabtu 23 Oktober 2021. Warga lebih memilih pergi ke mal.

Peningkatan volume kendaraan ini diduga terjadi buntut adanya kelonggaran aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta yang turun menjadi Level 2 dari Level 3. Hal tersebut diungkap Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Argo Wiyono.

"Banyak kendaraan yang mengarah ke pusat perbelanjaan. Ada (peningkatan) sekitar 35 sampai 40 persen. Karena anak-anak sudah masuk mal dan boleh menonton bioskop," katanya kepada wartawan, Sabtu 23 Oktober 2021.

Dia menjelaskan, peningkatan volume kendaraan menuju pada pusat perbelanjaan lebih tinggi ketimbang yang ke arah tempat wisata. Baik itu yang ke Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, dan Taman Impian Jaya Ancol. 

Menurut dia, kendaraan yang mengarah pada tiga tempat wisata tersebut diperkirakan hanya sekitar 25 persen untuk akhir pekan ini. 

"Sampai sekarang belum ada kenaikan signifikan untuk yang mengarah ke tempat wisata di Jakarta. Jadi hanya sekitar 25 persen," ujarnya lagi.

Seperti diketahui, pemerintah memperpanjang kebijakan PPKM berdasarkan dengan level di Jawa-Bali sampai dua pekan ke depan yakni 19 Oktober hingga 1 November mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan situasi pandemi COVID-19 masih terkendali.

"Kasus konfirmasi Indonesia dan Jawa-Bali masing-masing telah turun hingga 99 persen dari kasus puncaknya pada 15 Juli lalu," kata Luhut dalam keterangan pers secara virtual, Senin, 18 Oktober 2021.