Jalan Protokol Jalur Utama Peserta SEA Games

Kepadatan Lalu Lintas di Depan Plaza Semanggi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Seluruh ruas jalan protokol di ibukota akan digunakan sebagai jalan utama pengantar peserta SEA Games yang akan berlangsung pada November 2011 nanti.

Menurut Kepala Bagian Pembinaan dan Operasional  Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Latif Usman, tidak ada pembatasan kendaraan selama ajang SEA Games berlangsung.

Namun untuk menghindari kemacetan, pihaknya akan melakukan sistem buka tutup sesuai dengan jadwal pertandingan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara.

"Kita akan selalu prioritaskan kendaraan yang digunakan peserta. Karena ini kan ajang Internasional, jangan sampai perserta telat sampai tempat pertandingan gara-gara macet," ujar Latif, Senin 24 Oktober 2011.

Ditambahkannya, polisi juga akan memberikan pengawalan menggunakan motor pada masing-masing cabang olahraga. Mulai dari tempat penginapan hingga tempat pertandingan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Dirinya memperkirakan, saat SEA Games berlangsung terutama saat timnas sepakbola Indonesia bertanding kemungkinan ada kepadatan kendaraan. Dia melihat dari pertandingan besar terdahulu.

"Di mana ajang olahraga yang diminati banyak orang pasti akan ada kepadatan kendaraan, hal itu wajar karena mendukung tim Indonesia. Kalau untuk mengantisipasi kemacetan kita upayakan segala hal, yang terpenting semua peserta datang tepat waktu," tegas dia.

Sementara itu, terkait dengan kebijakan meliburkan sekolah selama ajang SEA Games, pihaknya mendukung. Dan menurutnya, kebijakan itu sangat sangat signifikan. Karena bisa mengurangi kamacetan sebanyak 20-30 persen. Tetapi yang dikhawatirkan dari dampak libur tersebut, kata Latif adalah penumpukan kendaraan di tempat-tempat wisata. (eh)