Bocah Korban Perkosaan Kritis di RS Persahabatan

Mainan bayi
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Seorang bocah perempuan bernisial RI, 11 tahun siswa kelas 5 Sekolah Dasar, kritis dan harus dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur. Bocah itu diduga menjadi korban perkosaan dan sudah dirawat enam hari. RI dibawa orangtuanya ke rumah sakit sejak 29 Desember 2012 lalu.

Kondisi fisik RI memang terlihat tidak sehat sejak satu bulan terakhir. Karena khawatir, RI kemudian dibawa berobat ke Puskesmas dekat rumahnya di Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur. Tapi kondisinya terus menurun dan demam tinggi.

Beberapa hari kemudian, RI dibawa ke dokter spesialis anak dan divonis gejala tipes. Dokter merekomendasikan agar RI dirawat secara intensif.

"Anak diperiksa, kata dokter ada yang "melakukan" (memperkosa)," ujar A, orangtua RI, Jumat, 4 Januari 2013.

Keluarga sempat kaget dengan pernyataan dokter, meski sejak sebulan terakhir, RI memang berperilaku aneh. Berubah menjadi murung dan pendiam. Perilaku bocah ini berubah seiring dengan turunnya kondisi fisik. Berat badannya juga menurun hingga akhirnya dirawat.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto menjelaskan, penyidik sudah mendatangi RI di rumah sakit. Orangtua RI juga sudah dimintai keterangan mengenai perilaku anaknya yang aneh belakangan ini. Dokter, belum menyimpulkan penyakit apa yang diderita RI. Polisi akan menyelidiki ke mana saja RI pergi.

"Orangtua tidak tahu anaknya sakit apa. RI belum diperiksa karena masih di ICU, kita koordinasi dengan dokter untuk dapat informasi pasti, apa yang dialami anak ini," kata Rikwanto. (umi)