Cara DKI Cegah Tanaman Mati Akibat Kemarau

Taman Semanggi
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir
VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rupanya tak rela jika tanaman di taman-taman kota yang telah ditanam, mati karena kekeringan. Di musim kemarau tahun 2015 ini, Pemprov DKI telah mempersiapkan cara agar tanaman tidak mati karena kekurangan air.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ratna Diah Kurniati, mengatakan, salah satu cara untuk mempertahankan tanaman tetap hidup di musim kemarau adalah dengan menambahkan jumlah mobil penyiram tanaman.

"Semua tangki sudah diberikan ke masing-masing suku dinas, jadi pada saat penyerahan itu diberikan berikut dengan mesin pemotong rumput, malah kita berikan tambahan tiga unit mobil," ujar Ratna, Senin 27 Juli 2015 seusai rapat pimpinan di Balai Kota, Jakarta Pusat.


Ratna menambahkan, pihaknya menjamin adanya ketersediaan mobil tangki air untuk menyiram tumbuh-tumbuhan dan taman yang ada di seluruh wilayah DKI.


"Masing-masing suku dinas sudah disiapkan, jadi tidak kekurangan sebetulnya. Satu wilayah butuh kurang lebih sekitar 8 sampai 10 mobil penyiram tanaman, tinggal pengerjaan dan efektifitasnya saja," kata Ratna.


Penyiraman tanaman di yang tumbuh dan hidup di taman-taman kota akan dilakukan secara rutin setiap pagi hari.