Persiapan Pilgub, DKI Sebar 800 Ribu e-KTP

e-KTP.
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan sistem elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) DKI Jakarta akan rampung sebelum Pilkada 2017 dimulai. Dengan demikian, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dapat menghasilkan data calon pemilih yang tepat berdasarkan perekaman data e-KTP.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, menegaskan, penyelesaian rekapan e-KTP harus sudah selesai pada penghujung tahun ini, agar pada Pilkada nanti tidak terjadi kasus-kasus seperti duplikasi data pemilih yang berujung pada perseteruan antarpasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

“Untuk masalah e-KTP, saya instruksikan Dinas Dukcapil untuk menyelesaikan semua perekaman e-KTP. Saya ingin bulan Desember, semua warga DKI Jakarta sudah memiliki e-KTP,” kata Djarot di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis 30 Juli 2015.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edison Sianturi, menjelaskan pihaknya akan mengedarkan data penduduk Jakarta yang belum memiliki e-KTP dalam waktu dekat ini.

Ia memperkirakan, ada sekitar 800.000 jiwa penduduk yang belum terdata dan tidak memiliki e-KTP. “Kita akan segera melakukan perekaman data untuk mengeluarkan e-KTP bagi 800.000 warga Jakarta yang belum memiliki e-KTP,” kata Edison.

Ia melanjutkan, pihaknya akan mendapatkan blangko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) sebanyak 1,5 juta lembar yang akan diedarkan ke setiap RT dan RW serta kelurahan. (one)