TNI Grebek Pabrik Kikil Berbahaya di Tangerang

Kikil mengandung zat berbahaya.
Sumber :
  • Foto BPOM.

VIVA.co.id - Sebuah pabrik pengolahan kikil di Kelurahan Buaran Indah Kota Tangerang, yang diduga mengandung bahan berbahaya digerebek Intel Kodam Jaya pada Selasa malam, 22 September 2015.

Pabrik yang berlokasi di tengah pemukiman warga itu juga kedapatan melakukan pengolahan jamur, tahu, dengan menggunakan bahan kimia berbahaya.

Dari lokasi pabrik yang sudah lima tahun beroperasi itu, petugas menemukan sejumlah bahan berbahaya seperti cairan pemutih, tawas, dan minyak jelantah tak layak konsumsi.

Serka Gatot, anggota Sat Intel Kodam Jaya, mengatakan zat gas berbahaya tersebut digunakan untuk mengolah sejumlah bahan makanan seperti kikil, tahu, dan jengkol, agar tahan lama, serta memiliki tampilan cerah meski sudah beberapa hari.

"Zat berbahaya itu untuk mengawetkan dan mencerahkan bahan makanan itu. Agar, nampak tetap bagus walaupun bahanan makanan itu sudah lama," kata Gatot.

Pengelola pabrik olahan kikil, Suhadi mengakui, jika bahan kimia berbahaya tersebut didapatnya dari seorang perwira polisi. "Itu bukan formalin kami memperolehnya dari perwira polisi."

Sejumlah bahan kimia berbahaya tersebut, lantas diamankan petugas untuk dilakukan uji laboratorium. (asp)