Kronologi Bus TransJakarta Tertabrak KA di Gunung Sahari

Bus TransJakarta tertabrak keret api di kawasan Gunung Sahari, Kamis subuh.
Sumber :
  • Humas PT KCJ

VIVA.co.id – Kecelakaan di perlintasan kereta Gunung Sahari antara Kereta Api (KA) Senja Utama Solo dan bus gandeng TransJakarta, ternyata juga melibatkan sebuah Mobil Toyota Avanza. Hal itu terjadi sekitar pukul 04.30 WIB dinihari tadi.

"Minibus Toyota Avanza B 2198 TFO yang dikemudikan Didi Juhendi saat itu melaju dari arah selatan ke utara, saat melintasi rel, tiba-tiba datang kereta api Senja Utama Solo dari arah timur ke barat," ujar Kasubag Humas Polres Jakarta Utara, Kompol HM Sungkono, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 19 Mei 2016.

Setelah menabrak Avanza, kereta tersebut juga menabrak bus TransJakarta B 7258 TGB, yang dikemudikan Adil Setiawan (32 tahun). Beruntung, bus gandeng TransJakarta yang terlibat kecelakaan itu sedang dalam keadaan kosong tanpa penumpang.

"Setelah Avanza terseret beberapa meter oleh kereta, ternyata ada busway Scania yang ternyata juga melintas di perlintasan tersebut sehingga tertabrak juga," tambah Sungkono.

Akibatnya, kedua pengemudi Avanza dan Bus TransJakarta mengalami luka-luka terkena pecahan kaca. Mobil dan bus Transjakarta juga mengalami kerusakan cukup parah di bagian depan kendaraan.

Diduga, kecelakaan terjadi akibat palang pintu yang telat menutup sehingga kendaraan tidak dapat memperkirakan kedatangan kereta api. "Dugaan awal, petugas palang pintu telat menutup palang," jelasnya.