100 Bus Transjakarta Siap Gantikan Metromini

Armada Bus Transjakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta Budi Kaliwono tengah mempersiapkan sekitar 100 bus terintegrasi sebagai pengganti angkutan umum Metromini pada Januari 2017 mendatang.

"Sekitar 100 bus menanti bergabung. Jadi gini, kita memang lagi siapkan pengadaan bus pengganti metromini," kata Budi Kaliwono di Jakarta, Rabu, 14 Desember 2016.

Menurutnya, bus-bus tersebut nantinya akan dioperasikan melalui operator perorangan. Bus juga memiliki struktur berbeda, di mana pada setiap ukuran bus akan berbeda dan memiliki kenyamanan yang lebih baik.

"Yang sudah daftar itu mungkin 60 orang, kira-kira ada yang pesan dua, ada yang lebih, total hampir 100. Juga ada yang sudah membayar uang muka, satu bus sudah ada di Cawang, Jakarta. Dan bus ini bisa dibandingkan, kami jaga betul kualitas karena safety nomor satu," kata Budi.

Adapun tambahan lain sebagai bus terintegrasi, Transjakarta juga akan melengkapi bus tersebut dengan posisi pintu di sebelah kanan. "Secara struktur layout mirip dengan bus Transjakarta kopaja yang ada saat ini ada pintu di depan, belakang, dan tengah," ujarnya.