JK Iri Filipina Bisa Kirim Tenaga Kerja Terampil ke LN

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hadir di Rembuk Nasional Pendidikan
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla iri karena Filipina saat ini sudah bisa menjadi negara yang kerap mengirimkan tenaga kerja terampil untuk bekerja di luar negeri.

Sementara, JK menyampaikan, Indonesia masih dikenal sebagai negara yang mengirimkan tenaga kerja domestik, yaitu asisten rumah tangga, untuk bekerja di luar negeri.

"Kita lihat, kenyataannya adalah Filipina kirim tenaga kerja yg baik, seperti sales, mekanik. Kita mengirimnya tenaga kerja domestik seperti asisten rumah tangga," ujar JK, berbicara dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Pusdiklat Kemendikbud, Depok, Jawa Barat, Rabu, 7 Februari 2018.

JK mendesak dilakukannya upaya perbaikan kualitas pendidikan secara lebih signifikan oleh kalangan pendidikan di Indonesia. Salah satu cara yang ditempuh, misalnya adalah meningkatkan standar kualitas lulusan pendidikan.

JK berharap ada upaya peningkatan parameter lulusan-lulusan pendidikan Indonesia sehingga lebih siap untuk bersaing di tingkat internasional.
 
"Singapura (standar kelulusannya) memakai ujian Oxford, Cambridge. Kita masih memakai (standar) UN. Padahal tidak akan ada kemajuan kalau tanpa diiringi peningkatan kecerdasan," ujar JK.