Jokowi Minta Anak SMA Tahan Banting, Jangan Manja

Presiden Joko Widodo berbincang bersama pengurus OSIS SMA
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo meminta para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diwakili ketua-ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dari seluruh Indonesia, untuk tidak menunjukkan sifat yang tidak baik seperti manja, hingga malas.

Sifat-sifat itu dinilai tidak cocok ditunjukkan mereka yang diharapkan menjadi pemimpin, serta penerus bangsa.

"Anak-anak semuanya harus tahan banting, tahan uji. Berani menghadapi cobaan, rintangan. Itulah (sifat) pemimpin. Tidak bisa yang namanya anak-anak bermanja-manjaan, bermalas-malasan," ujar Jokowi kepada mereka di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis, 3 Mei 2018.

Menurut Jokowi, sifat-sifat yang harus ditunjukkan para siswa di antaranya selalu bersemangat, hingga senantiasa menjadi teladan bagi lingkungannya. Sifat-sifat itu juga dibutuhkan agar mereka senantiasa sukses dan bisa meraih apapun yang dicita-citakan.

"Karena untuk menuju ke sebuah cita-cita pasti ada ujiannya. Benar enggak? Pasti ada cobaan, tantangan, rintangan," ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo mengenakan jaket unik bercorak logo Asian Games XVIII/2018 Jakarta - Palembang saat menyambut para siswa SMA perwakilan OSIS seluruh Indonesia. Mantan Gubernur DKI ini mengaku ingin menjadi pihak yang turut menyosialisasikan perhelatan olah raga antar bangsa-bangsa se-Benua Asia itu.