Ganjar-Yasin Menang Telak di TPS Ganjar Nyoblos

Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istri saat nyoblos di TPS 2
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin menang telak di tempat pemungutan suara (TPS) 2 Gajah Mungur, Kota Semarang. TPS itu tempat Ganjar mencoblos. 

Dalam perhitungan akhir oleh panitia pemungutan suara, Ganjar-Yasin meraih 135 suara dan pasangan calon nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah meraih 49 suara. 

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara TPS 02 Gajah Mungkur, R Hakim menyebutkan, dari total 282 daftar pemilih tetap, terdapat 185 surat suara yang digunakan, sementara satu surat suara dinyatakan rusak. Sedangkan ada 20 orang yang dicoret karena 3 meninggal, 14 orang pindah, dan 3 tidak bisa ditemui. 

"Satu surat suara tidak sah karena mencoblos keduanya, gambar pak Sudirman dan pak Ganjar dicoblos semuanya, " kata Hakim usai penghitungan suara, Rabu, 27 Juni 2018. 

Namun demikian, Hakim mengemukakan, ada tambahan yang menggunakan surat A5 yaitu 1 orang dan yang memakai KTP saja ada 15 orang. Ia pun memastikan di TPS nya tidak ada pemilih yang golput. 

Sementara itu, sejumlah lembaga suvei juga telah merilis hasil hitung cepat sementara Pilgub Jateng. Paslon Ganjar-Yasin unggul sementara di sejumlah lembaga survei. Seperti quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang menempatkan Ganjar-Yasin unggul 57,92 persen. Sementara Sudirman-Ida 42,00 persen. (ren)