Cari Pendaki di Rinjani, Panglima TNI Kerahkan 140 Anggota Kopassus

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima brevet Kopassus
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya sudah menurunkan sejumlah 140 anggota Komando Pasukan Khusus atau Kopassus untuk membantu para wisatawan, lokal maupun mancanegara yang terjebak di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. 

Hal itu dilakukan, usai gempa bumi yang melanda Lombok dan sekitarnya. "Tadi pagi, saya berangkatkan 140 pasukan Kopassus untuk membantu wisatawan yang terjebak di Gunung Rinjani," kata Hadi di Mapolda Metro Jaya, Senin 30 Juli 2018.

Rencananya, 140 anggota Kopassus ini akan mencari dan mengevakuasi 140 pendaki yang masih terjebak di gunung dengan tinggi 3.726 meter dari permukaan laut tersebut. "Saat ini, antara TNI, Polri dan Basarnas itu sudah bergerak mencari wisatawan asing maupun lokal," katanya.

Tak hanya pasukan Kopassus, Hadi menuturkan, pihaknya juga menyiapkan rumah sakit lapangan dengan 80 tenaga medis. Rumah sakit lapangan ini dilaporkan sudah digelar pada Minggu malam.

"Sekarang tergelar dan menangani korban luka dan memberikan bantuan kepada anak-anak yang terdampak, untuk bisa melakukan satu kegiatan supaya menghilangkan trauma," katanya.