Gawat, Species Ikan di Laut Indonesia Semakin Berkurang

Ilustrasi ikan mentah
Sumber :
  • Pixabay/Survivor

VIVA – Direktur Pusat Riset Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Toni Ruchimat mengatakan, sumber daya ikan di Indonesia semakin hilang. Ia mengatakan sesuai laporan data dari LIPI, semakin hari laut di Indonesia semakin kehilangan species ikan.

"Sumber daya ikan walaupun mampu berkembang, berkembang bukan berarti tidak terbatas. Kita sudah banyak kehilangan species. Menurut LIPI sekarang sumber daya ikan semakin hari semakin hilang," ucap Toni Ruchimat di Kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Oktober 2018.

Menurut dia, sumber daya ikan laut yang hilang akibat dari tidak adanya kepemilikan laut, lalu pencemaran lingkungan akibat limbah industri. Selain itu juga dapat memberikan pengaruh terhadap jumlah sumber daya ikan di laut.

"Sumber daya ikan di laut tidak ada kepemilikan. Selain itu, air laut, danau dan waduk sungai masih dianggap tempat pembuangan limbah untuk kegiatan industri di darat. Makanya banyak ikan laut yang punah," kata dia.

Untuk memulihkan ekosistem sumber daya ikan, pihaknya akan melakukan pendekatan terhadap ekosistem biota laut. Dengan Keputusan Menteri Kelautan tahun 2013 Pasal 7 ayat 1 juga dapat memulihkan ekosistem di Indonesia.

"Penangkapan harus dikendalikan, ada out of control. Kita buat kebijakan operasional, kita buat rencana dan ada manfaatnya. Sudah ada Ka- WPP saat itu baru ada tahun 2013 dan diamankan oleh UUD  Pasal 7 ayat 1. Ada rencana aksi nasionalnya seperti apa  potensi dan alokasi sumber daya ikan.  Kita juga menjumlahkan jumlah tangkap yang harus diperbolehkan," kata dia.