Detik-detik Pengibaran Bendera Tauhid di Poso, Merah Putih Diturunkan

Viral pengibaran bendera hitam berkalimat tauhid di DPRD Poso.
Sumber :
  • Screenshot video Youtube

VIVA – Dua bendera hitam bertuliskan lafaz tauhid berkibar di daerah Poso, Sulawesi Tengah. Satu di halaman DPRD Kabupaten Poso, satu lagi di Lapangan Sintuwu Maroso.

Sebelum berkibar di halaman DPRD Kabupaten Poso, ternyata ada bendera merah putih yang berkibar terlebih dulu di tiang tersebut. Peserta aksi bela tauhid disebut menurunkan bendera merah putih dan menggantinya dengan bendera hitam berlafaz tauhid itu.

"Salah seorang peserta aksi dengan spontan tanpa sepengetahuan aparat pengamanan menurunkan bendera merah putih dan menggantinya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 27 Oktober 2018.

Dedi menjelaskan, untuk pengibaran bendera di Lapangan Sintuwu Maroso, saat kejadian tiang bendera kosong atau tidak ada bendera merah putih. Selang beberapa menit kemudian anggota pengamanan melaporkan hal tersebut kepada kapolres Poso. Kebetulan, saat itu ada aksi penyampaian sikap di kantor DPRD Kabupaten Poso.

"Kemudian kapolres Poso langsung memperingatkan tokoh warga yang ikut orasi bahwa penurunan bendera merah putih dan diganti itu tidak bisa dan tidak boleh, dan menyuruh harus segera dikembalikan seperti semula," ujarnya.

Setelah diimbau, peserta aksi yang menaikkan bendera itu lantas langsung menurunkannya. Selanjutnya, bendera merah putih pun dinaikkan kembali di tiang bendera halaman DPRD Kabupaten Poso.

"Saat itu terjadi sangat cepat, ketika perwakilan pengunjuk rasa bertemu dengan anggota dewan dan Forkominda di lantai dua Gedung DPRD. Ketika terlihat bendera hitam dikibarkan, kapolres langsung minta penanggung jawab pengunjuk rasa langsung untuk menurunkan," tutur Dedi.