Setengah Bulan di Laut , 20 Orang Rohingya Terdampar di Pesisir Aceh

Sejumlah 20 warga etnis Rohingya diamanakan di pesisir Kabupaten Aceh Timur.
Sumber :
  • BPBD

VIVA – Sejumlah 20 orang ethnis Rohingya mendarat di Pelabuhan Perikanan Nusantara atau PPN Idi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa 4 November 2018.

Warga Myanmar itu datang dengan menumpang kapal motor berukuran 3X12 meter. Mereka telah mengarungi laut sejak 15 hari lalu.

Sebelum mendarat di PPN Idi, mereka berputar-putar di laut. Jarak mereka sekitar tiga kilometer dari pantai dan terpantau oleh nelayan Aceh yang sedang melintas. Setelah ditemukan nelayan, kapal mereka digiring ke dermaga untuk didaratkan.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Syahrial membenarkan ada 20 warga etnis Rohingya yang mendarat di wilayah Aceh Timur. Pihaknya sedang mendata identitas manusia perahu tersebut.

Untuk proses selanjutnya, ethnies Rohingya itu akan diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas II B Langsa. "Mereka akan diserahkan ke pihak imigrasi, namun sementara kami amankan dulu di sini, menunggu penjemputan," katanya. 

Sebelumnya, satu bulan lalu, terpantau kapal yang mengangkut etnis Rohingya di perairan Aceh. Namun, mereka tidak melakukan pendaratan di Aceh. (asp)