Alami Masalah di Tol Jawa Tengah, Catat Nomor Darurat Tim SAR

Tim mobile Basarnas Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Badan SAR Nasional atau Basarnas Jawa Tengah menerjunkan tim patroli bergerak atau mobile yang siaga membantu pemudik di wilayah tol Trans Jawa. Tim mobile di tol baru yang diresmikan Presiden Joko Widodo itu akan bergerak selama 24 jam. 

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Aris Sofingi mengungkapkan, tim mobile di wilayah tol itu sebagai upaya menyukseskan kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan arus mudik serta balik pada perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Posko Siaga Nataru ini bersifat statis dan dinamis mulai tanggal 20 Desember 2018 dan berakhir tanggal 02 Januari 2019 mendatang," kata Aris, Kamis, 20 Desember 2018. 

Khusus untuk jalur mudik dan balik di jalur tol yang baru dibuka ini, Aris telah  menugaskan satu tim untuk melakukan patroli bergerak lengkap dengan peralatan penyelamatan untuk kejadian kecelakaan. Seperti peralatan Vehicle Accident Rescue (VAR), peralatan extrikasi, dan juga peralatan medis. 

Untuk satu tim mobile terdiri atas lima petugas dengan satu mobil patroli dan mobil penyelamat. Tim mobile ini lanjutnya akan bergerak siang dan malam untuk membantu pemudik yang mengalami masalah. 

"Bila pemudik mengalami masalah dan membutuhkan pertolongan SAR maka dapat menghubungi Basarnas Jateng di nomor 024-115 atau 024-7629192. Semua pelayanan operasi SAR yang kami berikan gratis," kata Aris.

Menurut Aris, untuk jalur tol yang akan digunakan sepanjang jalur pantai utara tepatnya Pemalang hingga Semarang memiliki kontur yang cenderung datar dan lurus, yang dapat membuat pengemudi terlena. Pihaknya mengimbau agar pemudik yang menjajal ruas tol baru itu untuk ekstra berhati-hati.

Posko siaga statis 24 jam Basarnas Jateng juga diterjunkan di sejumlah jalur non tol, seperti Semarang, Solo, Cilacap, Jepara, dan Wonosobo. Untuk menangani kecelakaan laut, Basarnas menerjunkan satu unit kapal cepat KN SAR Sadewa di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (art)