KPK: 7 Orang Sudah Dibawa ke KPK, Bupati Mesuji Menyusul

Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi - KPK di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Tim Satuan Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan total 11 orang dalam operasi tangkap tangan daerah Bandar Lampung, Mesuji, dan Lampung Selatan, Rabu malam, 23 Januari 2019. Rencananya, 11 orang tersebut akan dibawa ke Jakarta hari ini, Kamis, 24 Januari 2019.

Namun, informasi diterima VIVA, sejauh ini baru tujuh orang yang telah tiba di kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Sementara itu, empat orang lain akan dibawa dari Lampung menuju Jakarta pada siang nanti.

"Sampai pagi ini diamankan 11 orang. Tujuh telah datang pagi ini, empat lainnya dibawa siang untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya.

Belum diketahui siapa tujuh orang yang telah tiba di KPK. Febri hanya bisa memastikan Bupati Mesuji, Khamami, akan diterbangkan siang ini bersama tiga orang lainnya.

"Bupati dan tiga orang lainnya siang ini akan dibawa (ke Jakarta)," ujar Febri.

Selain mengamankan 11 orang, tim juga menyita uang Rp1,2 miliar saat operasi tangkap tangan atau OTT di tiga lokasi berbeda di Lampung. Uang tersebut diduga hasil suap terkait proyek pengadaan barang dan jasa Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Sebagaimana diatur KUHAP, maka ada waktu maksimal 24 jam bagi KPK untuk menentukan status pihak-pihak yang diamankan," tutur Febri. (art)