Khamami Dicokok KPK, Mesuji Dipimpin Plt Bupati

Bupati Mesuji non aktif Khamami usai jalani pemeriksaan di KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan, sudah menunjuk Wakil Bupati Mesuji, Saply TH sebagai Pelaksana Tugas Bupati. Kebijakan ini diambil, lantaran dicokoknya Bupati Mesuji non aktif, Khamami oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Kami sudah menunjuk wakil bupati untuk menjalankan tugas sehari-hari di pemerintahan," ujar Tjahjo, usai penandatanganan nota kesepahaman di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis 31 Januari 2019.

Tjahjo menyampaikan, Saply akan menjadi Plt Bupati hingga status hukum Khamami berkekuatan tetap atau inkracht. Bupati definitif selanjutnya akan ditetapkan, setelah seluruh proses hukum Khamami tuntas.

"Karena dengan dia (Khamami) menjadi tersangka, dia tidak bisa melakukan kegiatan secara penuh. Sambil menunggu inkrachtnya, kami menunjuk wakil bupati," ujar Tjahjo.

Khamami diamankan tim Satuan Tugas KPK dalam operasi tangkap tangan pada Rabu malam, 23 Januari 2019. Dalam kasus ini, Khamami diduga menerima suap proyek infrastruktur dari perusahaan yang menggarap proyek di Mesuji, Lampung.

Selain Khamami, penyidik KPK menjerat adik Khamami Taufik Hidayat, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Mesuji, Wawan Suhendra, Pemilik PT Jasa Promix Nusantara, dan PT Secilia Putri, Sibron Azis, serta pihak swasta Kardinal. (asp)