Pendaftaran SNMPTN 2019 Telah Dibuka, Mau Lolos Seleksi?

Ilustrasi- SNMPTN (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Siapa yang tidak ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur SNMPTN 2019 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) kini tidak perlu repot untuk tes, cukup seleksi rapor dan prestasi.

Namun, lolos SNMPTN tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan strategi untuk bisa lolos. 

Berikut tips lolos SNMPTN yang telah dirangkum TIMES Indonesia dari berbagai sumber

1. Menentukan Jurusan

Langkah pertama dan terpenting adalah menentukan jurusan atau program studi yang sesuai bakat dan minat. Kuliah membutuhkan banyak waktu, pikiran, tenaga, dan biaya. Jangan sampai nanti semua sia-sia karena merasa salah jurusan.

2. Mempertimbangkan nilai raport dan indeks sekolah

SNMPTN merupakan seleksi nilai raport. Penilaian yang dipertimbangkan adalah besar nilai, konsistensi, rata-rata, dan nilai mata pelajaran tertentu (berkaitan dengan jurusan yang dipilih). Misalnya, yang dipilih adalah jurusan Matematika, maka lihat nilai matematika dari kelas X-XII. 

Namun perlu diingat, PTN juga akan mempertimbangkan indeks sekolah.

Kriteria menentukan indeks sekolah, diantaranya; IPK dan prestasi alumni yang dituju, nilai SBMPTN yang diterima tahun sebelumnya, banyak alumni yang diterima di PTN yang dituju, dan prestasi sekolah.

Indeks sekolah dapat ditanyakan kepada guru Bimbingan Konseling (BK).

3. Kumpulkan portofolio dan prestasi terbaik

Tidak hanya nilai rapor, seleksi SNMPTN juga mempertimbangkan prestasi. Sertakan piagam kejuaraan yang relevan dengan jurusan yang dipilih. Semakin tinggi skala kejuaraan yang pernah diraih, akan memperbesar peluang lolos SNMPTN.

4. Mecari informasi mengenai PTN yang dituju

Informasi yang penting diketahui adalah mengenai, informasi umum (daya tampung dan kategori); daftar Jurusan yang dapat dipilih melalui SNMPTN ; sebaran siswa diterima; jumlah pendaftar; jumlah siswa diterima berdasarkan jurusan; jumlah siswa diterima berdasarkan provinsi.

5. Catat jadwal pelaksanaan SNMPTN 2019

-Launching SNMPT: 4 januari 2019
-Pengisian dan verifikasi PDSS: 4 - 25 januari 2019
-Pendaftaran SNMPTN: 4 - 14 februari 2019.
- Login menggunakan NISN dan password ke laman SNMPTN 2019, http://web.snmptn.ac.id
-Pengumuman hasil SNMPTN: 23 maret 2019

6. Berdoa

Usaha telah dilaksanakan, selanjutnya tinggal menunggu sembari berdoa kepada Tuhan. 

Strategi lolos seleksi SNMPTN 2019 tersebut dapat dilakukan dengan penuh semangat dan optimis. Semoga hasil yang keluar 23 Maret 2019 mendatang sesuai dengan harapan.(*)