Tarik Minat Milenial di Pemilu, Universitas Brawijaya Buat InfoCaleg

Filkom Universitas Brawijaya (UB) meluncurkan aplikasi InfoCALEG 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya (Malang)

VIVA – Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur meluncurkan aplikasi berbasis Android bernama, InfoCALEG 2019. Hal itu dilakukan demi menarik minat kalangan milenial menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum 2019. 

Kalangan milenial dianggap tak bisa lepas dari gawai atau ponsel pintar dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, aplikasi yang berisikan informasi lengkap para calon anggota legislatif (caleg) 2019, beserta profil caleg, hingga profil partai ini bisa diunduh di Playstore.

"Diharapkan aplikasi ini bisa memberikan informasi terkait caleg yang sedang ikut Pemilu 2019. Harapannya masyarakat sebelum pemilihan nanti bisa mengenal caleg tidak hanya dengan melihat baliho saja," kata Kepala Laboratorium Teknologi, Media, Game dan Mobile Filkom UB, Hermanto Tolle, Senin, 25 Februari 2019.

Aplikasi ini juga terkoneksi dengan sejumlah media sosial, seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. Sebab, aplikasi ini menyasar pada pemilih muda atau kalangan milenial. 

"Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat mengenali dan menentukan yang terbaik. Pada Pemilu 2014 lalu kami sudah meluncurkan dalam bentuk website. Pada tahun ini kami meluncurkan versi aplikasinya," ujar Hermanto.

Hermanto mengatakan, pihaknya mengumpulkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan berbagai sumber. Aplikasi juga mencantumkan riwayat pendidikan, organisasi, pekerjaan, visi-misi, rekam jejak, karya, prestasi, kepopuleran, dan rating. 

Aplikasi ini juga membuat penilaian berdasarkan sistem itu. "Penilaian kita lakukan by system dengan beberapa parameter. Semakin baik, misal jenjang pendidikannya maka nilainya akan semakin baik. Rekam jejak juga menentukan," ujarnya. 

Selain itu, aplikasi terhubung dengan akun medsos caleg. "Jadi pengguna bisa berinteraksi dengan berkomentar, sharing dan berbagi informasi," kata Hermanto.

Hermanto mengatakan, aplikasi ini diharapkan mampu memudahkan pemilih untuk mengenal caleg pada Pemilu 17 April 2019. Saat ini, baru tersedia informasi caleg untuk DPR RI. Sementara itu, untuk DPRD provinsi dan DPRD kota/kabupaten masih dalam tahap pengumpulan data.

Menurut dia, ada hampir 8.000 info caleg DPR RI yang ada di aplikasi. "Secepatnya akan kami lengkapi caleg di DPRD Jatim dan DPRD Kota Malang. Data-data caleg DPR tingkat II sudah ada tapi belum kami masukkan aplikasi. Masih dalam proses," tutur Hermanto. (art)