Satgas Mafia Bola Terima Rekomendasi Pengusutan Aliran Dana Joko Driyo

Joko Driyono Diperiksa Polda Metro Jaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Ketua Tim Media Tim Satgas Anti Mafia Sepakbola, Kombes Pol Argo Yuwono mengaku pihaknya sudah menerima surat rekomendasi dari Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) soal pendalaman aliran dana yang dimiliki oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Persatuan Sepakbola Indonesia Joko Driyono (Jokdri).

"Tentunya ini jadi bahan penyidik, akan dievaluasi seperti apa surat dari PPATK tersebut, dan menjadi bagian untuk penyidikan lebih lanjut," ucap dia di Mapolda Metro Jaya, Selasa 26 Februari 2019.

Pengusutan ini guna mencari bukti transaksi keuangan yang mencurigakan dari Jokdri. Kepala PPATK, Kiagus Ahmad menambahkan, pemeriksaan keuangan masih berlangsung.

"Ini tidak cuman data base-nya saja, nanti kami lengkapi dengan pemantauan terhadap transaksi-transaksi daripada yang bersangkutan. Kami itu setiap saat menerima laporan-laporan tentang transaksi keuangan yang mencurigakan dan laporan transaksi tunai itu ada di tempat kami, nanti secara digital dengan gampang mengumpulkan yang ada di data base kami," kata dia menambahkan. 

Diutarakannya, bila semua data sudah terkumpul, pihaknya akan menyerahkan kepada Tim Satgas Mafia Bola untuk segara dilakukan penindakan bila terbukti ada transaksi yang mencurigakan. Namun, kapan pemeriksaan rampung belum bisa dipastikan..

"Tugas kami hanya mengumpulkan data, menganalisa dan mendeminasi pada penegak hukum. Tidak bisa kami konkrietkan berapa lama kapan, sebulan, kita memberikan laporan sebaik-baiknya, kualitasnya kita perhatikan dan secepat-cepatnya. Itu sangat tergantung kepada jenis transaksinya, bagaimana mereka mengatur  penyembunyiannya dan sebagainya," ujarnya lagi.