Terduga Teroris Sibolga Diduga Jaringan JAD

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal M. Iqbal
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Polisi M Iqbal menjelaskan, terduga teroris Abu Hamzah merupakan jaringan dari Jamaah Ansharut Daulah atau JAD.

"Abu Hamzah diduga merupakan jaringan terduga teroris RIN alias Putra Syuhada (PS) yang ditangkap di Lampung," kata Iqbal kepada wartawan, Selasa, 12 Maret 2019. Dia menambahkan, "Pelaku Jaringan JAD yang berafiliasi dengan ISIS."

Mengenai apakah ledakan yang terjadi di rumah terduga teroris itu akibat di-remote atau ada pemicu lainnya, Iqbal mengaku, pihaknya belum mendapatkan informasi sampai ke arah itu.

Dia menjelaskan, saat ini istri dan anak terduga teroris itu masih ada di dalam rumahnya dan tengah diajak untuk menyerahkan diri dengan bantuan negosiasi dari tokoh agama setempat.

"Kita belum tahu apakah itu dikendalikan dari dalam. Itu masih didalami untuk tahu penyebab ledakan atau bagaimana bisa meledak. Di dalam rumah masih ada diduga istri dan anak pelaku,” kata Iqbal.

Sebelumnya, ledakan terjadi di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuranbambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Selasa, 12 Maret 2019, sekira pukul 14.30 WIB. Ledakan terjadi setelah petugas menangkap terduga teroris AH dan hendak membawa dia menuju kediamannya. (ase)