Polri Bantah Acara MSRF Jadi Ajang Kampanye Capres

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol M Iqbal di Mabes Polri, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Polisi membantah ada kampanye terselubung salah satu calon presiden dalam acara Milenial Safety Road Festival atau MSRF yang digelar di setiap Polda dan Polres. 

Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, acara MSRF adalah acara untuk menggelorakan keselamatan berlalu lintas.

"Tidak ada (kampanye). Sekarang itu, Polri merupakan institusi paling terdepan untuk menggelorakan keselamatan," kata Iqbal di kantor Menkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu 20 Maret 2019.

Iqbal mengatakan, dari data yang diperoleh bahwa angka kecelakaan kaum milenial sangat tinggi sekali. Bahkan, menurut dia, lebih tinggi daripada angka bencana ataupun korban perang. "Sehingga, kami gelorakan. Murni betul bahwa Polri murni semangatnya adalah menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan," katanya.

Terkait adanya foto salah satu calon presiden dalam acara tersebut, mantan Wakapolda Jawa Timur ini membantahnya. Untuk mencegah adanya oknum atau penyusup yang memanfaatkan acara ini sebagai ajang kampanye terselubung, Polri menunda sementara sampai pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang.

"Maka dari itu kami mengambil sikap bahwa program itu ditunda sampai tanggal 17. Karena, bisa disusupi kampanye. Diduga, ya ada penyusupan. Karena, tidak mungkin berapa ratusan ribu massa yang kami kendalikan," ujarnya. (asp)