Begini Persiapan Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP di Tuban Bumi Wali

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid, Kamis, (28/03/2019) (FOTO: Achmad Choirudin/TIMESIndonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Bumi Wali, mempersiapkan secara matang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat yang akan dilaksanakan pada 22-25 April 2019 mendatang.

Dinas Pendidikan Tuban terus memonitor dan mengawasi proses persiapan yang dilakukan setiap sekolah yang akan melaksanakan UNBK, mulai dari kesiapan teknis, non teknis, hingga sarana dan pra sarana penunjang ujian.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid menyampaikan, total ada 92 SMP negeri dan swasta yang akan melaksanakan UNBK di tahun 2019.

"Semua sekolah ini sudah memulai persiapan sejak jauh-jauh hari. Mulai dari try out UNBK bagi siswa dan juga pengecekan komputer dan sarana penunjang lainnya," papar Nur Khamid, Kamis, (28/3/2019).

Dia menambahkan, hingga saat ini pihak dinas belum menerima adanya aduan dari sekolah terkait kendala pelaksanaan UNBK. "Secara umum semua sekolah sudah sangat siap," ujarnya.

Sebagai antisipasi kendala teknis, Dinas Pendidikan juga menyurati PLN untuk tidak melakukan pemadaman ketika UNBK berlangsung. Selain itu, juga meminta PLN melakukan pengecekan terhadap jaringan kabel yang rawan, agar tidak ada yang putus saat dilaksankan UNBK.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita juga berkoordinasi dan kerja sama dengan PLN terkait aliran listrik saat UNBK," jelas Nur Khamid.

Sementara untuk server, Nur Kamid menjamin jaringan di Tuban Bumi Wali aman dan lancar. Dengan persiapan yang telah dilakukan, diharapkan pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat di Kabupaten Tuban berjalan lancar dan sukses. (*)