TNI-Polri Siap Jamin Keamanan Pemilu 2019

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Bogor, Jawa Barat, Rabu, 10 April 2019.

Setibanya di Lapangan Sempur, Kota Bogor, kapolri bersama dengan panglima TNI langsung mengikuti Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 yang dipimpin oleh kapolda Jawa Barat dan pangdam III Siliwangi.

Apel bersama itu diikuti oleh 3.796 personel TNI, Polri, dan berbagai elemen masyarakat. Apel bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat.

“Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dan sarana prasarana pengamanan, serta sebagai upaya show of force guna menegaskan kepada masyarakat bahwa TNI dan Polri siap menjamin keamanan Pemilu tahun 2019," kata Kapolda Jabar Irjen Polisi Agung Budi Maryoto dalam amanatnya selaku pimpinan apel.

Selepas pelaksanaan apel, kapolri dan panglima TNI melakukan pemeriksaan pasukan dan dapur lapangan. Untuk memastikan kesiapan personel, kapolri menanyakan langsung kepada beberapa personel, terkait tugas dan tanggung jawabnya dalam pengamanan Pemilu 2019. 

Tito turut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh personel apel gelar pasukan, atas kesiapan dalam menjamin keamanan dan kelancaran Pemilu 2019. “Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kesiapan seluruh personel TNI dan Polri dalam pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Jawa Barat," ujar Tito.

Usai pengecekan pasukan, kapolri bersama panglima TNI berkunjung ke Mapolsek Bogor Timur dan Koramil Bogor Timur. Keduanya meninjau kesiapan Posko Operasi Mantap Brata 2019.

Kegiatan dilanjutkan dengan rapat analisis dan evaluasi (anev) pengamanan Pemilu 2019 yang digelar di Aula Mapolresta Bogor Kota. 

Dalam rapat anev tersebut, kapolri dan panglima TNI memberikan arahan kepada seluruh pimpinan kesatuan TNI dan Polri di wilayah Bogor, untuk menjamin stabilitas kamtibmas dalam penyelenggaraan seluruh tahapan Pemilu 2019.