Kota Padang Banjir usai Hujan Lebat

Sejumlah titik di Kota Padang, Sumatera Barat, banjir usai hujan lebat dan cukup lama mengguyur kota itu pada Rabu, 10 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Sejumlah titik di Kota Padang, Sumatera Barat, banjir usai hujan lebat dan cukup lama mengguyur kota itu pada Rabu, 10 April 2019. Beberapa kawasan yang kebanjiran, di antaranya perumahan Griya Kubutama Tabing Banda Gadang dan kompleks RSUD Dr Rasyidin.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, di kompleks perumahan Griya Kubutama Tabing Banda Gadang, ketinggian mencapai 80 sentimeter, dan di kawasan RSUD Dr Rasyidin, mencapai 20 sentimeter. Debit air Sungai Gunung Nago juga terpantau meningkat mencapai 165 sentimeter.

"Ada sekitar 38 kepala keluarga yang terdampak. Korban jiwa nihil, hanya beberapa rumah yang terendam perabotannya," kata Rio Ebu Pratama, Lurah Tabing Banda Gadang.

Meski ketinggian air di lokasi itu mulai surut, kata Rio, tetap saja harus diwaspadai karena masih hujan. Tim BPBD Kota Padang sudah berada di lokasi untuk mengantisipasi apabila mengharuskan untuk evakuasi.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA, satu truk tangki dilaporkan masuk ke dalam jurang di jalur lintas Sumatera di Sitinjau Lauik, tepatnya di Lubuk Paraku. Bahkan, sopir truk tangki itu dilaporkan masih terjebak di dalam mobil dan belum dievakuasi.