Tambahan Kuota Haji 10 Ribu, Jokowi: Alhamdulillah Antrean Maju

Presiden RI Jokowi
Sumber :
  • timesindonesia

VIVA – Salah satu oleh-oleh yang diberikan dari pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, adalah penambahan kuota calon jemaah haji Indonesia.

Sebenarnya, saat Raja Salman mengunjungi Indonesia pada Maret 2016 lalu, telah memberi tambahan kuota sebanyak 10 ribu jemaah. Maka kini, ada tambahan lagi 10 ribu dan diberikan saat keduanya bertemu di Arab, bersamaan dengan ibadah umrah Jokowi dan keluarganya .

"Setelah bertemu Sri Baginda Raja Salman langsung disampaikan oleh beliau bahwa ini sebenarnya permintaan sudah lama, sudah dijawab beliau secara resmi kita diberi kuota haji oleh beliau Alhamdulillah 10 ribu,” ujar Jokowi usai meresmikan Halal Park, di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 16 April 2019.

"Jadi dari 221 ribu menjadi 231 ribu calon-calon jemaah haji, sehingga bisa maju (antrean)," tambahnya.

Sebagai informasi pada 2016 kuota calon jemaah haji Indonesia adalah 211 ribu. Setelah melakukan lobi maka ditambah lagi 10 ribu sehingga kuota bertambah menjadi 221 ribu pada 2017. Dengan tambahan lagi 10 ribu, maka kuota jemaah menjadi 231 ribu.

Jokowi mengaku, sebenarnya ia masih berharap dan meminta agar ada tambahan lagi. Mengingat, antrean jemaah haji di Indonesia bisa sampai puluhan tahun saat ini. Namun, belum dijawab dengan pasti oleh Raja Salman.

"Permintaan kita kemarin 250 ribu karena saya sampaikan calon-calon jemaah haji di Indonesia harus nunggu 35-40 tahun. Berarti lahir harus sudah daftar," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.