Museum Harus Dekat dengan Masyarakat, Ini Caranya

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Fitra Arda bersama Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah. (FOTO: Ivan Iskandaria/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Fitra Arda mengapresiasi Museum Basoeki Abdullah yang melakukan berbagai kegiatan dalam rangka mempererat hubungan museum Basoeki Abdullah dengan masyarakat.

"Dengan menggelar kegiatan-kegiatan seperti ini maka masyarakat akan lebih mengenalnya dan semakin dekat," kata Fitra Arda pada acara seminar pemaknaan lukisan mitos Basoeki Abdullah berlangsung di Museum Basoeki Abdullah Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Menurutnya sosok Basoeki Abdullah adalah seniman istimewa yang memiliki intelektual dan reputasi yang tidak hanya dikenal di Indonesia tetapi Internasional.

Sementara itu, Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah mengatakan kegiatan seminar ini yang kedua kalinya digelar oleh Museum Basoeki Abdullah yang terkait dengan Kompetisi Basoeki Abdullah Art Award #3 (BAAA #3).

Menurut Maeva, seminar ini diikuti oleh berbagai kalangan komunitas seni, satuan pendidikan, pemerhati dan pegiat budaya.

"Alhamdulillah target peserta sudah tercapai  dan ini suatu bentuk realisasi dari undang-undang pemajuan kebudayaan," ujarnya.

Museum Basoeki Abdullah menurut Maeva, membuka ruang publik salah satunya dengan kegiatan seminar ini dan diharapkan akan semakin dekat lagi hubungan Museum Basoeki Abdullah dengan masyarakat dan semakin dicintai. (*)