Polda Jabar Cegat Massa Aksi 22 Mei dari Tegal di Cirebon

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Trunoyudo.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Polda Jawa Barat melakukan razia dan pemulangan massa yang berangkat ke Jakarta pada aksi Rabu 22 Mei 2019. Dari laporan sementara, empat orang asal Tegal Jawa Tengah kedapatan berangkat ke Jakarta di Cirebon.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu menjelaskan, empat orang itu kedapatan pada Senin 20 Mei 2019 malam menggunakan mini bus.

“Di Cirebon perbatasan Jawa Tengah. Tadi malam kita lakukan, pengecekan identitas. Ada empat orang dari Tegal menggunakan mini bus, langsung diantarkan Polres Cirebon ke Tegal,” ujar Trunoyudo, Selasa 21 Mei 2019.

Truno menambahkan, dari pemantauan yang dilakukan pergerakan kendaraan dari arah Jawa Tengah maupun Jawa Barat menuju Jakarta terpantau normal. Tak hanya itu, Truno juga memastikan tidak ada aktivitas penyewaan bus oleh kelompok organisasi massa atau ormas di daerah-daerah.

“Sejauh ini belum ada pergerakan karena di razia ini pergerakan kendaraan itu normal, tidak ada yang ramai-ramai, nyewa bus PO,” katanya.

Truno menerangkan, razia skala besar intensif dilakukan dan berkoordinasi dengan para koordinator aksi. Cara ini dilakukan untuk meredam jumlah massa yang lebih banyak.

“Sudah kita lakukan, seperti patroli skala besar atau gabungan dengan TNI. Jawa Barat karena merupakan penyangga ibu kota, kita periksa,” katanya.