Kronologi Ledakan Bom di Pos Polisi Kartasura

Ledakan di Pos Polisi Kartasura Sukoharjo
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aloysius Jarot Nughroho

VIVA – Sebuah ledakan yang diduga bom bunuh diri, terjadi di depan pos pengamanan lebaran di Kartasura, Jawa Tengah, Senin malam 3 Juni 2019 sekitar pukul 22.30 WIB. Satu orang menjadi korban, yakni pelaku.

Menurut keterangan dari Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Dedi Prasetyo , pelaku saat ini kondisinya luka berat dan sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Surakarta.

“Pelaku datang ke depan pos polisi, kemudian duduk. Selang beberapa detik, terjadi ledakan. Petugas yang tengah berjaga langsung keluar dari pos,” ujarnya saat diwawancarai tvOne, Selasa dini hari 4 Juni 2019.

Usai kejadian itu, petugas tidak langsung menghampiri pelaku. Sebab, dikhawatirkan ada bom lain yang belum meledak.

Hingga saat ini, petugas masih menelusuri status dari pria tersebut. Baik asal usulnya, maupun apakah ia terlibat dengan jaringan tertentu.

Sementara itu, status bundaran Kartasura hingga pukul 02.00 WIB masih disterilkan. Arus lalu lintas dari tiga kota yang melewati jalur tersebut, yakni Yogyakarta, Semarang dan Solo, dialihkan ke rute alternatif.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel juga sempat mendatangi lokasi. Ia menjelaskan, bahwa saat peristiwa terjadi, ada tujuh petugas yang tengah bertugas.

“Empat di dalam pos, tiga sedang melakukan pengaturan lalu lintas,” tuturnya.