Arus Balik Bakal Terjadi H+3 di Ruas Tol Solo - Semarang

Kendaraan pemudik di Semarang-Solo pada Minggu, 2 Juni 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Peningkatan kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta diperkirakan akan mulai terjadi pada Lebaran ketiga atau pada Jumat, 7 Juni 2019. Peningkatan kendaraan diperkirakan akan mengalami peningkatan mulai sore hari.

Disampaikan Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Rudy Antariksa, karena waktu kembali ke Jakarta cukup pendek, maka arus balik diperkirakan sudah akan terjadi pada Lebaran H+3 selepas pelaksanaan salat Jumat.

"pada hari ke 3 Lebaran sudah ada yang kembali ke Jakarta. Diprediksi sudah mulai terjadi arus balik," kata Rudi Antariksa, Selasa, 4 Juni 2019.

Seperti pada arus mudik, pemberlakukan one way juga diterapkan pada arus balik Lebaran. One way arus balik  diberlakukan mulai 7 Juni hingga 10 Juni 2019. Sesuai dengan kondisi, jam operasional one way akan dimulai sejak pukul 12.00 WIB.

One Way diberlakukan mulai dari Km 414 Kalikangkung hingga menuju Jakarta pada Km 70 Cikampek Utama. Kemudian akan dilakukan contraflow hingga KM 65 di Tol Cikampek.

"Kita akan berlakukan one way, dari Kalikangkung sampai Jakarta KM 70 tol Cikampek. Situasional, melihat kepadatan," katanya.