Hakim MK: Jangan Ragukan Independensi Kami

Hakim MK Made Palguna
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Hakim Konstitusi, I Gede Dewa Palguna menyatakan kesiapan Mahkamah Konstitusi untuk menggelar sidang perdana sengketa hasil pemilihan presiden 2019. Palguna meminta semua pihak tidak meragukan independensi para hakim.

"Jangan meragukan independensi dan imparsialitas kami," kata Gede di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis 13 Juni 2019.

Menurut Gede, cara mengecek hal itu mudah. Yaitu masyarakat katanya tinggal benar-benar mengikuti jalannya persidangan yang bisa disaksikan secara langsung dan terbuka. "Ikuti persidangan itu, ikuti putusannya, baca pertimbangan hukumnya, kemudian kaitkan dengan amar putusan itu," ujar Gede.

Dia menegaskan, independensi dan imparsialitas hakim itu adalah harga yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Menurutnya hal itu tidak boleh hilang khususnya di Mahkamah Konstitusi.

"Sebab kalau itu hilang dari lembaga pengadilan apapun, lebih-lebih Mahkamah Konstitusi, maka marwah peradilan itu akan hilang. Jadi itu bukan sesuatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar," ucap dia.

Meskipun demikian, Gede menyadari bahwa kinerjanya dan hakim-hakim yang lain akan menjadi sorotan. Sehingga sulit terhindarkan jika ada pihak yang membuat analisis-analisis lain.

"Kadang-kadang ya kami menyadari lah, lagi-lagi ini menyangkut soal kebangsaan dan sebagainya, itu memang menjadi sorotan. Apalagi ada analisis. Kita kan negara merdeka, negara bebas, orang boleh melakukan analisis itu, sepanjang taat aturan," katanya. (ren)