Calon Haji Embarkasi Surabaya Terbagi 85 Kloter, 6 Juli Masuk Asrama

Jemaah haji kloter terakhir setiba di Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 25 September 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Jemaah calon haji yang melalui Embarkasi Surabaya sudah terbagi menjadi 85 kelompok terbang (kloter). Sesuai rencana, tiga kloter pertama, yakni jemaah asal Kabupaten Magetan, Ngawi, dan Ponorogo, dijadwalkan masuk ke Asrama Haji Surabaya di Sukolilo pada Sabtu mendatang, 6 Juli 2019.

Berdasarkan data dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), tahun ini Embarkasi Surabaya mengurus pemberangkatan calon haji sebanyak 38.150 orang. Mereka berasal dari tiga provinsi, yakni Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

Rinciannya, sebanyak 35.076 orang berasal dari Jatim, 1.054 orang berasal dari Bali, dan 965 orang berasal dari Nusa Tenggara Timur. "Menurut RPH (Rencana Pemberangkatan Haji), jemaah mulai masuk asrama haji tanggal 6 Juli," kata Kepala Bagian Humas Kanwil Kementerian Agama Jatim, Markus, dalam keterangannya kepada VIVA pada Senin, 24 Juni 2019.

Tiga kloter pertama yang akan masuk asrama haji pada 6 Juli nanti, yakni kloter pertama jemaah asal Kabupaten Magetan, kloter kedua jemaah asal Ngawi, dan kloter ketiga asal Ponorogo. "Tiga kloter itu diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Juanda keesokan harinya, tanggal 7 Juli 2019," ujar Markus.

Untuk memaksimalkan pelayanan, PPIH Embarkasi Surabaya sudah bersiap-siap. Di antaranya memperbaiki segala fasilitas yang diperlukan jemaah selama di asrama haji. Bagaimana dengan dokumen perjalanan jemaah seperti paspor dan visa? "Paspor yang dikirim ke Jakarta untuk pengurusan visa sudah 80 persen," ujar Markus.