Ditarik dari KPK, Irjen Firli Resmi Jadi Kapolda Sumsel

Upacara serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Sumatera Selatan, dari Zulkarnain kepada Inspektur Jenderal Polisi Firli.
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA – Mabes Polri menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) pada Selasa pagi, 25 Juni 2019. Inspektur Jenderal Polisi Firli, yang sebelumnya menjabat sebagai deputi Penindakan KPK resmi menjabat sebagai kapolda Sumsel menggantikan Inspektur Jenderal Polisi Zulkarnain yang akan menempati posisi baru sebagai kakorpolairud Baharkam Polri.

Upacara sertijab dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan. Rotasi jabatan kapolda Sumsel ini berdasarkan Surat Telegram bernomor ST/1590/VI/KEP/2019 tertanggal 20 Juni 2019.

Dalam upacara sertijab ini, Irjen Pol Firli membacakan sumpah yang dipandu oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Usai upacara sertijab, Irjen Pol Firli mengaku siap bekerja sebagai kapolda Sumsel. Jabatan ini ia sebut sebagai panggilan negara yang harus dijalani dengan sebaik-baiknya.

"Saya siap setiap saat hadir ketika negara membutuhkan. Apa itu di NTB, di Sumsel, apakah tempat lain, termasuk pengabdian saya di KPK selama 1,5 tahun itu adalah panggilan negara. Saya siap bekerja," kata Firli.