Duka Ganjar Pranowo, Ahok hingga Addie MS untuk Sutopo

Sutopo Purwo Nugroho
Sumber :
  • VIVA/Irwandi Arsyad

VIVA – Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menghembuskan napas terakhirnya di Guangzhou, China pada Minggu dini hari, 7 Juli 2019 sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Kepergiannya pada usia 49 tahun setelah berjuang melawan sakit kanker paru-paru stadium 4B.

Kepergian pria yang dikenal sangat aktif dan berdedikasi dengan pekerjaannya meski dalam kondisi sakit itu pun meninggalkan duka yang mendalam bagi banyak pihak. Unggahan terakhirnya di Instagram untuk berobat ke China dibanjiri ucapan duka cita dari warganet.

Ucapan duka pun mengalir dari sejumlah pejabat pemerintah, mantan pejabat hingga musisi Tanah Air. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunggah beberapa video dan foto bersama Sutopo di Boyolali dalam sebuah acara televisi pada akunnya di Twitter.

"Selamat jalan mas, kami berdoa panjenengan husnul khotimah. Alfatihah," tulisnya.

Dia melanjutkan, "Mas @Sutopo_PN semua kawan-kawan Insha Allah selalu mendoakan," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengucapkan turut berduka cita untuk Sutopo. Dia juga berterima kasih atas jasanya telah mengawal bencana di Indonesia.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Selamat jalan, Pak Sutopo. InsyaAllah husnul khatimah. Terima kasih atas sumbangsih pengetahuannya bagi kita semua #SelamatJalanPakSutopo," tulisnya.

Tak ketinggalan, mantan orang normor satu di DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama juga melakukan hal serupa. Selain memujinya, Basuki juga berterima kasih atas jasanya.

"Selamat jalan Pak @Sutopo_PN, seorang pejuang yang tangguh dan sangat berdedikasi. Terima kasih untuk semua pelajaran dan sumbangsihnya selama ini. Saatnya istirahat yang tenang," tulis dia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun ikut berduka cita. Dalam akunnya di media sosial, menteri nyentrik ini mendoakan yang terbaik untuk almarhum dan keluarga yang ditinggalkan.

"Duka cita yang mendalam, atas meninggalnya Bapak Sutopo Purwo Nugroho. Semoga almarhum diterima di sisi-Nya. Keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan," tulisnya.

Sementara musisi Addie MS juga mengucapkan belasungkawa atas kepergian peraih penghargaan Asian of The Year 2018 itu. Dia juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang diberikan untuk bangsa ini.

"Selamat jalan, Pak Sutopo. Matur sembah nuwun atas segala pengabdian panjenengan," tulis suami penyanyi Memes itu.