Masyarakat Sumbar Turut Berduka Atas Meninggalnya Sutopo

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Istana Bogor, Jumat, 5 Oktober 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA - Kabar duka datang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menghembuskan nafas terakhirnya Minggu 7 Juli 2019 dini hari pukul 02.00 di Guangzhou, China.

Banyak pihak, terutama kalangan wartawan merasa kehilangan sosok Sutopo yang kerap menginformasikan peristiwa bencana melalui group whatsApp. Selain awak media, rasa duka juga datang dari Ranah Minang.

Pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat merasa kehilangan dan turut berduka atas meninggalnya “pahlawan informasi bencana” itu. Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit pun mengeluarkan pernyataan resmi tertulis.

Menurut Nasrul Abit, Sutopo Nugroho adalah seorang yang sangat profesional di bidang tugasnya selaku Kepala Pusat Data dan Humas BNPB. Dia, sangat populer di kalangan BNPB, respons yang cerdas dan informatif selalu ditunggu pemerintah maupun masyarakat, jika terjadi bencana dimanapun termasuk di Sumatera Barat.

“Sosok Sutopo Purwo Nugroho selalu memberikan informasi lengkap tentang bencana yang terjadi di tanah air, sekaligus memberikan informasi, peringatan terhadap kondisi bencana yang terjadi di suatu tempat dengan tenang dan sejuk, sehingga ketakutan dan kecemasan serta kepanikan yang terjadi di masyarakat bisa mereda,” kata Nasrul Abit, Minggu 7 Juli 2019.

Menurut Nasrul Abit, saat ada bencana terjadi, kehadiran sosok Sutopo-lah yang memberikan info sehingga kemunculan beliau di media televisi sangat dinantikan masyarakat sebagai referensi yang akurat.

“Kita menyampaikan rasa duka yang mendalam, kepada keluarga agar dapat sabar dan tabah, kita semua juga merasa kehilangan sosok Sutopo yang arif dan bijaksana dalam penyampai pesan kepada siapa saja baik di media maupun di mesia sosialnya,” ujarnya.

Di mata Nasrul Abit, Sutopo orang yang tidak kenal lelah dan terus bekerja meski dalam kondisi sakit. Sutopo, selalu memberikan informasi tentang kebencanaan, sebuah kemulian diri dalam pengabdian total untuk bangsa dan negara.

"Bagi kami masyarakat Sumatera Barat, amat mengapresiasi kinerja beliau. Sutopo Purwo Nugroho yang bersahabat dan familiar dikalangan wartawan dan media Sumbar. Semoga Tuhan mengampuni segala dosa-dosanya dan Almarhum ditempatkan Allah SWT disurga, Amin,” tutur Nasrul Abit.