Begini Rangkaian Prosesi Penyerahan Jenazah Sutopo

Papan pengumunan atas meninggalnya Kapusdatin BNPB Sutopo PN
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Jenazah almarhum Sutopo Purwo Nugroho akan dilepas ke pihak keluarga dengan prosesi kenegaraan. Prosesi itu rencananya bakal dipimpin Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pada Minggu malam, 7 Juli 2019. 

Selanjutnya, jenazah akan dimandikan dan disalatkan di rumah duka di kawasan Raffles Hills, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. 

"Semua rangkaian dari penyerahan jenazah hingga pemandian dan penyalatan akan dilakukan di sini (rumah duka). Nanti ada penyerahan dari Menlu ke keluarga yang kemudian ditandai dengan pemberkasan penyerahan jenazah," kata Mumu Herlina selaku MC di kediaman Sutopo. 

Sebelum diserahkan pada pihak keluarga, jenazah Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu bakal lebih dulu diserahterimakan kepada Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. 

Sementara itu, pantauan VIVA, kediaman Sutopo mulai dipadati sejumlah kerabat. Tampak pula deretan karangan bunga di sekitar tempat tinggal almarhum. 

Hingga berita ini diturunkan, keluarga dan kerabat masih menunggu kedatangan jenazah yang telah tiba di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 20.50 WIB. 

Untuk diketahui, Sutopo menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu dinihari pukul 2.20 waktu Guangzhou, China atau 01.00 WIB. Sutopo Purwo Nugroho Bin Suwarsono HS meninggal dunia akibat kanker paru-paru. 

Besok, rencananya jenazah akan diterbangkan melalui Bandara Soekarno Hatta pada pukul 05.00 WIB dan akan dimakamkan di kampung halamannya di Boyolali pada pukul 09.30 waktu setempat.