Jokowi: Pembangunan SDM, Kunci Indonesia Jadi Negara Maju

Pidato Jokowi di Sentul 14 Juli 2019.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Presiden terpilih Pemilu 2019, Joko Widodo, menyampaikan fokusnya pada pemerintahan periode kedua. Selain melanjutkan pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia disebut merupakan kunci menjadi sebuah negara maju.

"Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan," kata Jokowi saat berpidato di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 14 Juli 2019.

Untuk mendorong pembangunan manusia, Jokowi menyebut, syarat-syarat akan hal itu dimulai dari memastikan kesehatan ibu hamil. Setelah lahir, pemerintah juga akan memastikan sang anak mendapatkan jaminan kesehatan hingga waktu sekolah.

"Kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah. Ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia Indonesia unggul ke depan. Itu harus dijaga betul. Jangan sampai ada stunting, kematian ibu, atau kematian bayi meningkat. Tugas besar kita di situ," ujarnya.

Jokowi mengatakan, program pendidikan selama pemerintahannya di periode pertama akan terus ditingkatkan. Namun di periode kedua, ada satu hal yang amat penting menjadi prioritasnya bersama Ma'ruf Amin.

Menurut dia, Indonesia kini butuh tenaga terampil. Ke depan, ia mewacanakan membentuk satu lembaga yang fokus menyaring talenta unggul.

"Kualitas pendidikannya juga akan terus kita tingkatkan. Bisa dipastikan pentingnya vocational training, pentingnya vocational school. Kita juga akan membangun lembaga Manajemen Talenta Indonesia," kata dia. (ase)