Jangan Sampai Kepercayaan Merosot, Mandiri Diminta Benahi Sistem IT

Gedung Bank Mandiri
Sumber :
  • www.mandiri-capital.co.id

VIVA – Bank Mandiri diminta membenahi sistem informasi teknologi pasca-kejadian error system yang membuat banyak nasabah panik. Hal ini penting mengingat karena status Mandiri sebagai bank BUMN.

Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bidang IT, Sigit Widodo, menekankan, Mandiri mesti memperbaiki sistem IT agar kepercayaan publik terhadap bank pelat merah itu tak merosot.

“Perbankan adalah bisnis kepercayaan, jangan sampai kepercayaan nasabah pada Bank Mandiri hancur,” ujar Sigit dalam keterangannya kepada VIVAnews, Sabtu, 20 Juli 2019.

Sigit menambahkan, kesalahan yang kali ini terjadi di Mandiri sebenarnya bisa dihindari. Ia mengingatkan dalam perbankan, keandalan sistem IT harus menjadi prioritas.

“Untuk bisnis perbankan, keandalan sistem IT harus benar-benar dijaga. Bukan cuma soal saldo yang berubah. Namun, masalah ini membuat banyak nasabah tidak dapat melakukan transaksi perbankan,” jelasnya.

Kemudian, ia membandingkan error system Mandiri yang terjadi di era e-commerce. Menurut dia, era e-commerce membutuhkan transaksi 24 jam tanpa henti.

"Gangguan yang lebih dari satu jam saja sangat merugikan nasabah. Apalagi ini sudah berlangsung berjam-jam. Bayangkan efeknya pada belanja online,” imbuh Sigit.

Meski demikian, Sigit mengapresiasi permohonan maaf Mandiri. Begitupun imbauan agar nasabah tidak panik dan terprovokasi.

“Namun itu tidak cukup. Bank Mandiri harus mengaudit total sistem IT-nya, dan melakukan perbaikan secara menyeluruh,” kata Sigit.

Sebelumnya, error system di Bank Mandiri membuat panik sebagian nasabahnya di berbagai daerah. Mulai keluhan tak dapat melakukan transaksi hingga melaporkan saldo rekeningnya berkurang, bahkan ada yang menjadi nol rupiah. Namun, ada juga nasabah yang saldonya bertambah dengan jumlah tertentu.

Menurut keterangan Bank Mandiri, gangguan terjadi pada data saldo 10 persen nasabah saat pencadangan rutin dari core system ke backup system yang rutin dilakukan pada akhir hari. Bank Mandiri sudah meminta maaf dan menjamin sistem akan pulih dengan jumlah saldo yang benar dalam 2-3 jam.