Peringatan Cuaca, Hujan dan Gelombang Laut di Aceh hingga Kalimantan

Hujan lebat dan banjir
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/H. Prabowo

VIVA – Meski sebagian besar cuaca di wilayah Indonesia cerah berawan, potensi hujan dengan angin kencang, serta gelombang tinggi juga akan terjadi di sejumlah wilayah di Tanah Air pada Minggu, 21 Juli 2019. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah yang berpotensi diterjang gelombang tinggi dan hujan yang disertai dengan kilat.

Potensi hujan disertai kilat dan petir juga angin kencang akan terjadi di wilayah Jawa Barat. Hujan akan terjadi di sebagian wilayah Bogor, Cianjur, Sukabumi, Depok, dan Bekasi bagian selatan. Hujan akan turun pada siang hingga malam hari.

Di wilayah Aceh, BMKG memberi peringatan agar masyarakat waspada dengan potensi hujan sedang disertai angin kencang di wilayah Aceh bagian barat hingga selatan dan sekitarnya. Kemudian, waspada potensi tinggi gelombang laut yang mencapai 2 meter atau lebih di laut Bali, selatan Badung, perairan selatan Bali, dan Samudera Hindia selatan Bali.

Waspada dengan potensi hujan sedang, lebat disertai petir dan angin kencang siang-sore juga dikeluarkan BMKG untuk wilayah Kabupaten Bangka Barat, Bangka, dan sekitarnya.

Potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan petir serta angin kencang akan terjadi di wilayah Kabupaten Lebak bagian selatan dan Kabupaten Pandeglang bagian selatan. Potensi gelombang tinggi juga diperkirakan terjadi di Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, dan Samudera Hindia selatan Banten.

Sementara itu, waspada gelombang laut tinggi sampai 5 meter di perairan Bengkulu-Enggano dan Samudera Hindia barat Bengkulu. Waspada angin kencang berpotensi sepanjang pesisir barat Bengkulu, waspada hujan dengan intensitas sedang lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Suluma, dan Kaur.

Hujan disertai angin dan petir juga berpotensi terjadi pada siang dan malam hari di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Muaro Jambi, Kota Jambi, dan Kabupaten Batanghari.

Sementara itu, di wilayah Kalimantan Barat, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bakal terjadi di Kabupaten Sambas, Singkawang, Mempawah, Bengkayang, Landak, Sanggau, Pontianak, Sekadau, Sintang, Melawai, Kayong Utara, Ketapang, dan Kubu Raya. Kemudian di Kalimantan Tengah, potensi gelombang tinggi hingga 2 meter lebih bakal terjadi di wilayah perairan selatan Kalteng. Tapi juga potensi terjadinya kebakaran hutan di wilayah Kalimantan.

Di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, BMKG mengeluarkan peringatan bakal terjadinya gelombang tinggi. Hal yang sama juga dikeluarkan untuk wilayah Sulawesi.

Selanjutnya, di wilayah Sumatera, potensi hujan lebat bakal terjadi di wilayah Lampung seperti Mesuji dan Tulang Bawang. Kemudian potensi hujan dengan intensitas sedang terjadi pada malam hari di wilayah Sumbar seperti, Mentawai, Agam, Padang Pariaman, Padang Panjang, Tanah Datar, Sawah Lunto, Padang, Sijunjung, dan Solok.

Peringatan dini juga dikeluarkan untuk sejumlah daerah di wilayah Sumatera Selatan. Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan disertai petir dan angin kencang akan terjadi hingga sore hari di wilayah Banyuasin, OKI, Palembang, OKU Selatan, Palembang, Muara Enim, Lubuk Linggau, Musi Rawas, dan Musi Banyuasin.

Di wilayah Sumatera Utara, peringatan dini dikeluarkan untuk wilayah Pantai Barat, Lerang Barat, Lereng Timur, dan Pantai Timur. Bakal terjadi potensi pohon tumbang, banjir, dan longsor.